Optimalkan PC Anda

Di bawah ini merupakan beberapa tips dan trik yang paling utama yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja komputer termasuk meningkatkan kecepatan komputer anda secara signifikan daripada sebelumnya, sehingga computer anda memiliki pesona seperti yang anda harapkan.

Perubahan dan efek dari trik ini bisa sangat terasa bila anda masih menggunakan Prosesor di bawah 2.400 MHz. Anda tidak perlu berkecil hati karena anda akan segera menikmati peningkatan kinerja komputer milik anda.

Berikut adalah tips dan trik utama komputer anda :

1. Operating System

Anda akan melihat kinerja menakjubkan dengan pilihan Windows OS yang tepat pada CPU anda. Berikut adalah urutan dari Windows yang paling berat: Windows XP> Windows 2000> Windows Me> Windows 98 (yang paling ringan). Bukan berarti bahwa Anda harus menginstal Windows 98 atau Windows 95. "itu namanya kemunduran zaman fren"

Pertimbangkan antara kecepatan dan kualitas, dan anda dapat memutuskan sistem operasi yang harus Anda gunakan sekarang.

2. Partisi Hard Disk

Anda dapat membagi Hard disk dalam beberapa partisi dan masing-masing partisi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Misalnya :
1. Disk C digunakan untuk Operating System dan program-program seperti MS Office dsb.
2. Disk D hanya digunakan untuk instalasi Game / Permainan.
3. Disk E hanya digunakan untuk menyimpan file music / mp3.
4. Disk F hanya digunakan untuk menyimpan dokumen seperti dokumen ketik, foto dsb.

Ini akan membantu untuk lebih mudah menemukan data yang dibutuhkan hard disk, ketika anda membuka dan menjalankan file atau program. Dan tentunya anda pun merasa nyaman dengan susunan hard disk yang rapi.

Seperti halnya sebuah tas ransel yang padat berisi bermacam-macam perlengkapan, dan anda harus mencari salah satu barang seperti pensil yang ada di dalam tas itu. Tentunya anda akan menggulir seluruh isi tas untuk menemukan pensil tersebut. Belum lagi kalau pensil tersebut terselip ke dalam barang-barang yang lain. “Waduh pusiii…iiing….”

3. Hard disk defragment

Ketika anda membuat atau menghapus folder, menyimpan file baru, menginstal atau menghapus program, mereka menjadi berserakan di dalam harddisk.

Data-data yang berserakan di dalam hard disk membuat sistem menjadi semakin lambat karena sistem akan kesulitan untuk menemukan file / data yang diperlukan di dalam hard disk.

Untuk mengatasi masalah tersebut Windows sudah menyertakan program Disk Defragmenter untuk membersihkan dan menata kembali file-file maupun data-data yang berserakan.

Untuk mempelajari lebih lanjut dan bagaimana caranya : Baca Selengkapnya !!

4. Frekuensi Instalasi Windows

Bandingkan perbedaan antara kecepatan komputer anda saat ini dan ketika baru saja diinstal Windows! Sudah tentu, PC anda sekarang menjadi lebih malas daripada sebelumnya.

Memformat partisi utama Anda sekurang-kurangnya setiap 3 bulan. Jangan berpikir bahwa format hard drive tidak baik, yang hampir merupakan salah ilusi. Melakukan format partisi setiap 3 bulan dan menginstal ulang Windows akan jauh meningkatkan performa komputer Anda.

Hal ini ditekankan pada kerusakan system yang disebabkan oleh banyak faktor seperti file fragmentasi (berantakan), peningkatan ukuran jendela registri, peningkatan jumlah file dan folder di partisi utama dan juga bisa disebabkan oleh beberapa virus.

5. Membersihkan File Temporary

Membersihkan temp folder dalam windows sangat penting untuk membuang semua file yang tidak diinginkan. Semua file tersebut merupakan sisa-sisa dari program yang telah Anda uninstall dan dari sistem atau file yang tidak diinginkan lainnya. Jika Anda tidak menghapus isi folder Temporary, dan file tersebut dapat terkumpul hingga 100 MB praktis tidak ada gunanya. Anda harus menghapus file-file ini karena akan membantu dalam pembebasan hard disk juga.

Untuk menghapus file ini pilih opsi Run dan ketik %temp% lalu tekan OK Setelah menampilkan semua file, pilih semua dan hapus mereka.

Red : Komputer Anda adalah Partner Anda, tetapi anda tidak akan mendapatkan apa-apa tanpa keberanian untuk mencoba. Pesimis dan takut hanya akan membatasi ruang gerak dan karya anda.

Follower

Trik & Tips Komputer - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger